merawat ayam aduan setelah bertarung

Langkah Langkah Dalam Merawat Ayam Aduan Usai Bertanding

sabung ayam online – Setelah ayam aduan bertarung, tidak jarang ayam mengalami luka luka yang berasal dari patukan ataupun dari pukulan ayam lawan, bukan itu saja bahkan stamina ayam aduan akan terkuras banyak. Namun tetap saja hasilnya ayam menang ataupun kalah, ayam aduan tetap harus di rawat dan di obati luka lukanya. Merawat ayam aduan setelah bertarung tidak bisa di abaikan begitu saja karena akan beresiko buruk terhadap ayam aduan kesayangan.

merawat ayam aduan setelah bertarung

Apabila merawat ayam aduan setelah bertarung di abaikan, maka ayam aduan bisa saja mengalami infeksi dari luka luka yang di dapatnya dan lama lama ayam aduan akan mengalami kelumpuhan. Ayam aduan juga akan mengalami kehilangan nafsu makan, oleh karena itu sangat di perlukan perawatan yang intensif setelah ayam di adu agar stamina dan mentalnya kembali seperti semula.

Baca Juga : Tips Membuat Jamu Untuk Ayam Sebelum di Adu

Tahap Merawat Ayam Aduan Setelah Bertarung :

Ada beberapa langkah yang harus di lakukan dalam merawat ayam aduan usai di tarungkan, terlebih lagi jika ayam aduan mengalami luka yang parah, maka ayam aduan harus di rawat dengan intensif dan lebih baik agar semua luka bisa cepat kering dan sembuh.

  • Penyembuhan luka

Bagian daerah kepala, leher dan sayap merupakan bagian tubuh yang sering mengalami luka ketika ayam usai di adu. Luka di daerah tersebut harus segera di sembuhkan agar luka kering dan sembuh agar tidak beresiko infeksi bakteri. Merawat ayam aduan yang sedang terluka, harus di beikan obat luar seperti betadine atau obat cina tetayokcin. Obat luar bisa dengan cara di oles ataupun di balurkan pada bagian yang terluka.

  • Pemulihan saluran napas

Selain luka luar yang di sembuhkan, luka dalam terutama yang terkait dengan saluran pernafasan juga sangat pentung untuk di perhatikan. Setelah ayam aduan di adu pasti saluran nafas ayam aduan akan mengalami kelelahan. Untuk menghindari dari infeksi bakteri (misalnya bakteri membuat ayam ngorok), ayam aduan harus di berikan antibiotik yang dapat menyembuhkan peradangan pada saluran pernafasan ayam aduan.

  • Pemulihan stamina ayam

Stamina ayam aduan pastinya akan terkuras banyak sekali di arena pertarungan, oleh sebab itu stamina dan vitalitas ayam aduan harus di pulihkan kembali. Pemulihan stamina bisa di lakukan dengan beberapa cara. Berikan jamu khusus untuk meningkatkan stamina ayam aduan yang terbuat dari bahan bahan alami, seperti kencur basah, beras, telur bebek, madu dan gula aren.

Setelah ayam aduan di berikan jamu peningkat stamina, ayam di mandikan dengan air rebusan daun sirih dan jahe untuk mengembalikan otot otot yang kaku. Lepaskan ayam sekitar 4 atau 5 hari secara bebas, berikan babon dan beri minum air gula.

Untuk hari berikutnya, ayam di mandikan dengan air hangat terutama pada bagian bagian yang luka hingga kerak luka pun kering dan mengelupas. Setelah itu 2 hingga 3 hari rawat ayam aduan seperti biasa hingga ayam siap di adu kembali.

Dalam masa pemulihan stamina, jangan membuat ayam aduan melakukan aktifitas yang berat. Hindari dari ayam lawan untuk mencegah terjadinya peraduan ketika dalam kondisi fisik yang masih lemah. Masukkan ayam aduan ke dalam kandang khusus dan pastikan makanan, minuman, dan suplemen yang di berikan sudah sesuai.

Demikian informasi lebih dalam tentang merawat ayam aduan setelah bertarung yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.com.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *