penyebab ayam aduan flek merah

Penyebab Ayam Aduan Flek Merah atau Token dan Cara Mengobatinya

sabung ayam online – Sebagai para pencinta ayam aduan pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis jenis penyakit yang bisa menyerang ayam aduan. Ayam aduan yang terkena penyakit pastinya akan mengalami penurunan pada kemampuannya ketika bertarung. Oleh karena itu sangat penting bagi para pencinta ayam aduan untuk memahami cara dalam melakukan pengobatan yang baik dan benar, namun sebelum melakukan pengobatan, harus kenali terlebih dahulu penyebabnya. Salah satu penyakit ayam aduan yang paling sering di temui adalah flek merah atau bisa di bilang token. Pada kesempatan kali ini Bandar Sabung Ayam akan membahas tentang penyebab ayam aduan flek merah dan cara pengobatannya yang wajib di ketahui oleh para pencinta ayam aduan.

penyebab ayam aduan flek merah

Flek merah ataupun token biasanya di kenal oleh para pencinta ayam aduan adalah bubul gantung. Bubul gantung merupakan penyakit yang cukup banyak di keluhkan oleh para pencinta ayam aduan. Penyakit flek merah ini tidak mematikan, namun sangat menganggu aktifitas dari ayam aduan bahkan akan mengurangi kelincahan dari ayam aduan.

Baca Juga : Mengenal Bentuk Mata Ayam Bangkok yang Banyak di Minati Oleh Para Botoh

Flek merah pada ayam aduan dapat menyebabkan kaki ayam menajdi pincang atau bahkan hingga lumpuh. Flek merah tidak akan menyebabkan ayam aduan mengalami kematian karena penyakit ini hanya menyerang bagian kaki ayam aduan saja.

Penyebab Flek Merah Pada Ayam Aduan 

Penyebab flek merah pada ayam aduan di sebabkan oleh mikro orgamisme baik itu virus maupun bakteri, namun itu menurut dari para botoh senior.

Namun jika menurut dari para ahli kedokteran hewan, penyakit flek merah atau token pada ayam aduan menyerang negara yang jarang terkena sinar matahari. Kandang ayam yang tidak terkena sinar matahari yang cukup akan membuat ayam terkena flek merah atau token.

Ayam aduan yang terkena flek merah ataupun token di karenakan bakteri yang menggerogoti kaki ayam aduan, kandang yang lembab untuk waktu yang cukup lama, kekurangan nutrisi khususnya vitamin C, dan di karenakan overdosis akan bahan bahan additif yang mengandung steroid.

Gejala dari flek merah atau token akan membuat ayam aduan menjadi lemas, lesu dan juga kurang bertenaga dan ayam aduan akan mudah  mengalami kelelahan.

Apabila ayam aduan kesayangan sudah memberikan tanda tanda seperti di atas, jangan di biarkan berlarut larut karena akan terjadi thrombocytopenia, pendarahan di bawah sisik dan bengkak kaki. Flek merah ini apabila di tekan maka warna kemerahannya akan hilang, namun apabila di lepas flek merahnya akan ada kembali.

Pengobatannya :

  1. Berikan pada bagian kaki ayam aduan yang terkena flek merah dengan balsem geliga ataupun minyak minyak yang bersifat hangat.
  2. Berikan buah sumber vitamin C dengan secukupnya. Buah harus dalam kondisi sudah matang karena buah yang masih mentah banyak mengandung asam yang kurang baik untuk pencernaan ayam aduan.
  3. Gosokkan kaki ayam aduan yang terkena flek merah dengan kulit buah manggis.
  4. Tempatkan ayam aduan dalam kandang yang kering. Biasanya 2 atau 3 hari flek merah akan menghilang.

Demikian informasi lebih dalam tentang penyebab ayam aduan flek merah yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.com.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *