Penyebab Ayam Kurang Nafsu Makan

Penyebab Ayam Kurang Nafsu Makan Dan Cara Mengatasinya

sabung ayam online – Sering kali nafsu ayam aduan tiba tiba menurun. Penyebab ayam kurang nafsu makan biasanya di karenakan ayam sedang dalam keadaan sakit. Ayam aduan yang sakit bukan hanya menurunnya nafsu makan saja namun juga akan menghilangnya stamina ayam aduan. Artikel kali ini Bandar Sabung Ayam akan membahas tentang penyebab ayam kurang nafsu makan dan cara mengatasinya.

Penyebab ayam kurang nafsu banyak faktornya bisa di karena stres, sakit ataupun di karenakan jenuhnya dengan makanan. Ayam aduan yang kurang nafsu makan biasanya terlihat lemas, tidak bertenaga dan mudah turun mental di karenakan keadaan tubuh yang sedang tidak enak.

Ayam aduan yang sedang mengalami turunnya nafsu makan bisa di obati dengan mengkarantina beberapa hari agar bisa lebih di rawat dan di berikan pelayanan yang khusus lagi. Ayam aduan yang kurang nafsu makan bisa di berikan obat khusus untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan yang berbentuk kapsul kimia namun tidak baik untuk tubuh ayam aduan apabila di berikan bahan kimia secara terus menerus karena akan memberikan efek yang buruk untuk ayam aduan.

Baca Juga : Khasiat Telur Puyuh Untuk Ayam Aduan Dan Kandungan Yang Terdapat Di Dalamnya

Penyebab Ayam Kurang Nafsu Makan Yang Harus Di Kenali :

Sebelum melakukan pengobatan untuk ayam aduan sebagai para botoh harus kenalin terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab ayam kurang nafsu makan di karenakan cacingan, sakit ataupun salah makan.

Penyebab ayam kurang nafsu makan di karenakan cacingan bisa di kenali dengan adanya air mata ayam aduan ada busa atau air yang berwarna putih dan wajah yang lesu tidak bisa merah. Sementara di karenakan ayam aduan salah makan bisa di kenali dengan susahnya buang air besar dan sulit untuk mencerna makanan.

Cara Mengatasi Ayam Aduan Kurang Nafsu Makan :

  1. Di berikan makanan yang bervariasi. Contohnya tambahan makanan untuk menambah nafsu makan ayam.
  2. Berikan bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah dan jahe. Cara membuat dan pemberiannya dengan siapkan bawang putih 3-4 siung, jahe 3 batang di iris hingga halus di tambah parutan 10 gr jahe kemudian di campurkan pada makanan ayam aduan setiap paginya.
  3. Berikan makanan ayam dengan jumlah yang sesuai jangan terlalu banyak agar makanan yang di berikan tidak tersisa banyak. Makanan ayam yang tersisa bisa menimbulkan bau dan mikrobia yang berbahaya bagi pencernaan ayam aduan. Pemberian jumlah makanan di sesuaikan dengan umur, jenis kelamin dan aktivitas ayam aduan.
  4. Ayam aduan yang sudah mengalami kurang nafsu makan langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan menambah air minum ayam dengan catatan kadar air dalam makanan tidak melebihi dari 14% yang nantinya akan membantu nafus makan ayam meningkat kembali.
  5. Komposisi makanan utama yang di berikan untuk ayam aduan sebaiknya jangan di ubah ubah. Misalnya dalam memberikan makanan dengan komposisi konsentart, jagung, dedak bekatul dengan perbandingan 20:40:40 maka komposisi tersebut yang jangan di ubah ubah karena ayam aduan harus menyesuaikan kembali dengan komposisi tersebut.
  6. Pemberian obat cacing bisa menjadi salah satu hal yang penting juga karena penyebab ayam kurang makan bisa di karenakan cacingan. Mengatasi cacingan bisa di berikan obat cacing secara rutin 2 atau 3 bulan sekali.
  7. Menggunakan jahe sebesar 2 ibu jari dan di parut kemudian di peras air parutannya dan di campur dengan 1 kuningan telur itik setelah itu di minumkan pada ayam.
  8. Menggunakan teknik lapar. Mempuasakan ayam aduan dalam beberapa hari, ayam aduan hanya di berikan minum air putih saja. Setelah 2-3 hari maka nafsu ayam aduan akan meningkat.
  9. Menggunakan minyak ikan karena minyak ikan kata akan protein dan vitamin yang bagus untuk ayam aduan.
  10. Menggunakan terasi karena terasi memiliki protein yang besar di dalam terasi terdapatnya udang rebon. Cara pemberiannya dengan memberi sedikit saja terasi pada ayam aduan seminggu sekali saja.
  11. Menggunakan temulawak yang bisa meningkatkan nafsu makan ayam aduan.
  12. Menggunakan kencur karena di dalam kencur kaya akan minyak atsiri yang bisa membuat pencernaan ayam aduan lebih segar sehingga pencernaan akan lebih lancar dan berimbas pada nafsu makan ayam aduan yang meningkat.
  13. Atau bisa dengan menambah irisan daun sledri dan kubis sebagai campuran ransum makanan. Pemberiannya bisa pada waktu pagi dan makanan di campur dengan air hangat atau panas.

Demikian informasi seputar penyebab ayam kurang nafsu makan yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.