Penyebab Tedun Rambat Ayam Aduan

Penyebab Tedun Rambat Ayam Aduan Dan Cara Pengobatannya

sabung ayam online – Penyakit tedun rambat atau flek atau juga yang sering di sebut dengan bubul gantung adalah penyakit yang cukup banyak di keluhkan oleh para botoh atau para pencinta ayam aduan. Artikel kali ini Bandar Sabung Ayam akan memberitahu penyebab tedun rambat ayam aduan dan gejalanya hingga penyembuhan agar tidak salah dalam mengambil langkah pengobatan untuk ayam aduan kesayangan.

Penyakit bubul gantung ini memang bukanlah penyakit yang serius ataupun yang berbahaya yang bisa membuat ayam aduan hingga menyebabkan kematian. Namun penyakit tedun rambat ini pasti sangat cukup menganggu para botoh ataupun para peternak. Karena bubul gantung ini sangat bergantung dengan daya tangkas ayam aduan di arena pertarungan.

Penyakit tedun rambat yang sudah parah akan membuat kaki ayam aduan menjadi pincang bahkan hingga mengalami kelumpuhan. Penyakit tedun rambat ini hanya akan menyerang bagian kaki ayam aduan saja dan sangat jarang penyakit ini menyebabkan kematian pada ayam aduan.

Penyebab Tedun Rambat Ayam Aduan Yang Banyak Belum Di Ketahui ;

Penyebab tedun rambat ayam aduan sebenarnya belum bisa di pastikan penyebab utamanya ayam aduan terkena tedun rambat ini. Hanya saja menurut para botoh pendahulu penyebab tedun rambat ayam aduan bukan di sebabkan oleh mikro organisme ataupun virus maupun bakteri.

Penyebab tedun rambat ayam aduan menurut catatan para dokter hewan, tedun rambat bisa menyerang pada tempat yang jarang terkena sinar matahari. Apabila kandang ayam aduan yang jarang mendapat sinar matahari yang cukup ataupun kandang yang lembab itu yang menjadi penyebab tedun rambat ayam aduan.

Ayam aduan harus di keluarkan dari kandang untuk di mandikan dan di jemur. Ayam yang jarang terkena sinar matahari fungsi penyerapan nutrisipun terganggu dan akhirnya mempermudah penyakit tedun rambat datang menghampiri ayam aduan. Penyakit tedun rambat yang di biarkan berlarut akan bisa terjadi thrombocytopenia, pendarahan di bawah sisik dan bengkak kaki.

Selain kurangnya mendapat sinar matahari dan lembabnya kandang ayam aduan, penyebab tedun rambat ayam aduan bisa di karenakan kurangnya mangan, kolin, biotin, asam folat dan niasin yang di karenakan penyerapan terganggu dari kurangnya mendapatkan sinar matahari. Atau juga bisa karena kekurangannya nutrisi khususnya vitamin C.

Gejala Penyakit Tedun Rambat Pada Ayam Aduan :

Ciri ayam aduan yang terkena penyakit tedun rambat seperti adanya bercak merah di bawah selaput sisik kaki ayam, jalannya pincang dan langkah kaki ayam aduan sangat kaku dan terjadinya pembengkakan pada sekitar kaki serta ayam aduan serin jongkok dan mengalami kerapuhan pada area kaki.

Gejala penyakit tedun rambat yang sangat khas yaitu memerahnya sisik kaki dan apabila di tekan warna kemerahannya akan hilang namun muncul kembali saat tekanannya di lepas.

Cara Penyembuhan Ayam Aduan Terkena Tedun Rambat :

  1. Berikan buah sumber vitamin C secukupnya. Buah yang di berikan harus matang karena buah mentah akan banyak mengandung asam yang kurang pas di pencernaan ayam aduan.
  2. Bersihkan sisik kaki ayam aduan dengan menggunakan alkohol dan oleskan salep analgesik atau penghilang rasa nyeri. Sebaiknya salep analgesik yang berasa dingin. Atau bisa di gosok dengan kulit buah manggis.
  3. Tempatkan ayam aduan di kandang yang kering.

Demikian informasi seputar penyebab tedun rambat ayam aduan yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.