teknik breeding ayam aduan

Teknik Breeding Ayam Aduan Untuk Menciptakan Anakan Yang Berkualitas Yang Wajib Di Ketahui

sabung ayam online – Satu hal yang selalu banyak di tanya oleh para peternak ayam aduan, kenapa hasil ternaknya tidak seragam dan kualitasnya lambat laun semakin menurun. Satu penyebabnya di karenakan indukannya geno-typenya tidak seragam. Untuk menyamakan geno-typenya harus melalui proses ternak yang lebih terpadu dengan baik atau rekaya genetika. Artikel kali ini Bandar Sabung Ayam akan membahas lebih dalam tentang teknik breeding ayam aduan.

teknik breeding ayam aduan

Rekaya genetika bisa di artikan sebagai mekanisme atau teknik di dalam usaha beternak ayam aduan untuk menghasilkan ayam jenis baru yang berkualitas baik ataupun yang sesuai dengan keinginan para peternaknya.

Pada unggus khususnya untuk ayam di kenal sex lingkage. Sex lingkage adalah sifat yang di turunkan kepada anaknya berdasarkan pada jenis kelamin. Sifat dari indukan jantan pada anak betina dan sifat dari indukan betina akan di turunkan pada anak jantan. Biasanya di gunakan untuk membedakan jenis kelamin anakan pada umur sehari dan bisa di gunakan untuk menyeleksi induk dengan sifat yang baik.

Baca Juga : Tips Merawat Ayam Bangkok Dengan Baik dan Benar

Ayam penjantan memiliki sifat sex lingkage resesif sedangkan ayam betina memiliki sex lingkage dominan. Sehingga pejantan mampu menurunkan sifat pada anak baik anak ayam jantan maupun yang betina, sedangkan ayam betina hanya mampu menurunkan sifat ke anak ayam jantan saja.

Istilah Teknik Breeding Ayam Aduan :

  1. Inbreeding : perkawinan antara dua individu yang memiliki hubungan darah yang sangat dekat. Contohnya : ibu dengan anak, bapak dengan anak dan anak dengan anak.
  2. Linebreeding : perkawinan dua individu yang memiliki hubungan darah  tidak terlalu jauh. Contohnya : kakek dengan cucu, paman dengan keponakan.
  3. Outbreeding : perkawinan antara dua individu yang tidak memiliki hubungan darah atau memiliki hubungan darah yang jauh.
  4. Superbreed : Individu yang selalu mampu menurunkan sifat terbaiknya pada keturunannya.
  5. Superfight breed : Individu yang di ciptakan untuk pertarungan.

Teknik breeding ayam aduan bertujuan untuk membangun suatu populasi yang ada dalam kandang dengan ciri ciri genetika yang kurang lebih sama. Dari kesamaan genetika akan memunculkan hasil ternak yang selalu stabil mutunya.

Teori Tahap Penerapan Ternak :

  1. Cross breed I —-> 2. inbreed —-> 3. line breed —-> 4. cross breed II

1. Cross breed I

Sebelum memulai ternak, sebagai para peternak sudah harus memiliki tujuan ke depannya. Tentang seperti apa karakter ayam terbaik yang harus di hasilkan.

Untuk melakukan cross breed I, awalnya harus cari pasangan indukan yang sesuai dengan tujuan awal. Dengan memakai ayam juara dengan cara teknik kerja yang di inginkan. Contohnya ingin hasilnya menjadi ayam dengan pukulan keras, maka carilah ayam juara yang teknik kerjanya pukulan keras lalu cari pasangan betinanya juga harus dengan keturunan ayam pukul.

Hasil dari cross breed I di harapkan muncul ke anak anak ayam dengan tipe pukulan keras secara merata.

Cross breed I menjadi tahap yang paling penting karena sebagai pondasi utama beternak berikutnya. Hasil anakan rata rata harus 75%, apabila tidak berarti ada yang salah dalam melakukan cross breed I ini.

2. Inbreed

Tujuan inbreed untuk mencetak breeder atau modal yang menyatukan sifat sifat positifnya yang di miliki agar lebih kuat ketika di turunkan ke anakannya.

Hasil ini di sebut dengan investasi, modal dasar dan aset ternak. Anakan hasil inbreed biasanya tidak memiliki vitalitas yaitu rentan akan penyakit dan memiliki stamina yang sangat lemah. Namun tidak masalah karena hanya untuk modal breeder saja bukan untuk di jadikan ayam petarung. Namun tidak perlu khawatir apabila ayam tersebut bisa menjadi ayam menangan dengan kurangnya vitalis tersebut bisa di perbaiki dengan tahap selanjutnya.

3. Line breed

Setelah dapat modal dari inbreed harus di perkuat dengan line breed. Jika di pasangkan dengan ayam yang memiliki pukulan keras, sudah bisa di pastikan hasilnya akan memiliki pukulan keras yang.

4. Cross breeding II

Cross breeding II tahap terakhir. Super breed boleh di coba untuk di silangkan dengan ayam dari turunan lain dengan tujuan untuk menambah daya vitalis dan menyempurnakan karakter.

Demikian informasi lebih dalam tentang teknik breeding ayam aduan yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.com.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *