merawat ayam bangkok agar tetap sehat dan kuat

Tips Merawat Ayam Bangkok Agar Tetap Sehat Dan Kuat

sabung ayam online – Ayam merupakan salah satu jenis hewan unggas yang sangat banyak di sukai oleh masyarakat setempat sehingga banyak sekali masyarakat setempat merawat ayam untuk di jadikan ayam aduan ataupun untuk berternak. Namun untuk merawat ayam tidaklah mudah untuk para peternak baru. Harus merawat ayam mulai dari kecil hingga besar. Artikel kali ini Bandar Sabung Ayam akan membahas lebih dalam tentang merawat ayam bangkok agar tetap sehat dan kuat yang bisa di coba oleh semua para botoh.

merawat ayam bangkok agar tetap sehat dan kuat

Ayam biasanya di pelihara bisa berguna untuk kebutuhan atau keperluan hidup manusia sendiri. Biasanya ayam sering di jadikan olahan makanan dalam kehidupan sehari hari karena ayam memiliki dua sumber protein dalam pangan yaitu sumber daging dan sumber telur.

Dalam merawat ayam agar bisa tumbuh dengan baik dan benar, selaku para botoh ataupun para peternak harus merawatnya dari kecil hingga besar. Apabila salah dalam merawat ayam, maka ayam akan sulit mengalami pertumbuhan bahkan akan mudah terserang penyakit ataupun virus. Oleh karena itu di butuhkan keahlian khusus untuk bisa merawat ayam bangkok agar tetap sehat dan kuat.

Baca Juga : Khasiat Pemberian Cindil Tikus Pada Ayam Aduan

Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Sehat dan Kuat :

  • Menyiapkan Kandang Yang Nyaman

Cara merawat ayam yang paling penting pertama dari kandangnya. Para peternak harus menyiapkan kandang yang nyaman. Menyiapkan kandang yang nyaman agar terhindar dari ancaman binatang buas. Maka dari itu lokasi kandang ayam harus benar benar strategis.

  • Menyediakan Kandang Terpisah Untuk Induk dan Anaknya

Sebagai para peternak sudah harus menyiapkan kandang yang terpisah untuk induk dan anaknya karena perawatan keduanya berbeda serta tipe kandangnya juga pun berbeda. Oleh karena itu, harus di perhatikan agar anak ayam dapat bertahan lama dan bisa tumbuh dengan cepat dan baik.

  • Kandang Memperoleh Sinar Matahari Secara Langsung

Kandang yang sudah di persiapkan harus memperoleh sinar matahari secara langsung agar ayam bisa tumbuh sehat dan bugar.

Untuk kandang induk bisa di tempatkan petakan kandang di area yang dapat di jangkau sinar matahari secara langsung. Namun sedikit berbeda untuk kandang anak ayam, kandang anak ayam seperti kotakan kandang yang rapat karena anak ayam masih membutuhkan kehangatan. Tidak cukup hanya memberikan sinar matahari saja, namun harus memberikan lampu juga agar anak ayam tetap hangat.

  • Rutin Menyemprot Kandang 

Menyemprotkan kandang ayam harus secara rutin bertujuan untuk membunuh berbagai macam virus dan bakteri yang ada dalam kandang ayam. Penyemprotan di lakukan dengan campuran vaksinasi yang berguna untuk meminimalisirkan berbagai macam penyakit yang sering menyerang ayam.

  • Beri Pakan Secara Teratur dan Berkualitas

Memberikan pakan pada ayam bangkok harus secara teratur pada pukul 7 pagi. Dan harus memberikan pakan yang sesuai agar ayam bangkok dapat berkembang dengan sehat.

Pada bulan pertama, bisa berikan voor babi agar tulangnya bisa terbentuk dengan kuat. Jika sudah berusia 2 bulan dapat di campurkan voor dengan dedak. Perbandingan voor dan dedak harus seimbang.

  • Memberikan Minum yang Cukup

Hal yang paling penting selain memberikan pakan yaitu memberikan minum. Pemberian minum pada ayam sangatlah penting apabila ayam tidak di beri minum maka ayam akan mengalami dehidrasi dan peradangan di dalam tubuhnya.

  • Cara Mandi Ayam 

Memandikan ayam harus secara pelan pelan tidak bisa langsung mengguyuri tubuhnya. Memandikannya harus dengan cara membasahi bagian bagian tubuh tertentu saja. 

Memandikan ayam cukup mudah, sediakan air dingin, lap bersih atau spons. Jepit ayam yang akan di mandikan, kepala ayam agak di tekan ke bawah lalu air di kucurkan dengan lap atau spons yang di peras ke arah muka dan kepala. Selain itu bagian yang perlu di kucuri air adalah leher, pinggang, pangkal sayap, lubang pantat dan kelenjar minyak yang berada di ujung punggung.

Ketika mengucuri bagian bagian tersebut usahakan bulu tidak basah. Oleh karena itu, bulunya harus di sibakkan terlebih dahulu. Setelah bagian atasnya selesai, menyusul bagian bawah yaitu dada, paha, dan kaki serta jari yang harus di bersihkan dari kotoran kotoran yang menempel.

  • Memberikan Vitamian Tambahan

Ayam bukan hanya di berikan pakan dan minum saja, namun ayam juga harus di berikan vitamin tambahan untuk menjaga kesehatan ayam dan tetap membuat ayam menjadi fit.

Vitamin yang bisa di berikan kepada ayam kesayangan yaitu : 

  1. Vitabro
  2. Vithachick
  3. Kalsium ekstra
  4. Vitamin A, B, C, D, E dan K
  5. dan Vitamin B kompleks

Demikian informasi lebih dalam cara merawat ayam bangkok agar tetap sehat dan kuat yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.com.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *